Apa Yang Harus Dilakukan Saat Laptop Anda Tertumpah Air

Laptop anda secara tidak sengaja terkena tumpahan air pasti anda akan terkejut dan cemas mengingat begitu banyak data yang anda titipkan di Laptop tersebut. Tetapi seharusnya anda tidak perlu khawatir secara berlebihan bila mengetahui bagaimana air dapat merusak laptop Anda. Sebagaimana kita ketahui air memang merupakan penghantar listrik yang baik sehingga apabila terkena bagian tertentu dari Laptop akan menghantarkan arus listrik berlebihan sehingga merusak komponen Laptop Anda. Maka untuk itu anda harus melakukan tindakan sebagai berikut setelah mematikan Laptop Anda;

Identifikasi

Laptop terbuat dari berbagai komponen, termasuk kabel listrik dan motherboard, dimana data yang paling penting disimpan. Pastikan tidak ada cairan yang mengenai bagian ini pada komputer Anda.

Efek

Saat air tumpah ke laptop anda, hal itu bisa masuk kebagian dalam melalui celah di bawah keyboard, mengakses motherboard. Apabila hal ini terjadi, maka umumnya akan terjadi konslet yang membuat laptop Anda tidak berfungsi. Selain itu, air akan menyebabkan kerusakan pada chip dan bagian lain dari motherboard sehingga akan mempengaruhi kemampuannya untuk berfungsi dengan baik.

Durasi

Apabila air tumpah ke laptop, maka kerusakan dapat terjadi dalam seketika, terutama jika komputer anda aktif. Setelah air berinteraksi dengan kabel di komputer, konslet bisa terjadi secara instan.

Solusi

Saat air tumpah, pengguna harus segera mematikan Komputer. Segera mengeluarkan baterai dan terkadang-kadang membongkar casing untuk mengeringkan laptop dengan segera, apabila komputer masih tidak berfungsi dengan baik. Maka Anda memerlukan teknisi laptop profesional untuk menservisnya dengan segera.

Salah Paham

Banyak orang keliru bahwa tumpahan air pada laptop memberikan bencana besar dan Anda harus segera mengganti Laptop. Tetapi sebaiknya anda perhatikan selama tidak terjadi konslet dan cairan yang menumpahkan Laptop anda tidak mengandung cairan gula seperti Jus dan soda yang meninggalkan gula sehingga lengket di bawah keyboard.

sumber: ehow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *